Minggu, 03 Maret 2019

Berkonsep Jajanan Pasar ala Negri Semenanjung, Batam View Beach Resort Wujudkan Batam sebagai Kota Pariwisata


 
Suasana saat acara The Best of Street Food Fiesta 2019



Malam minggu pertama di bulan Maret, tepatnya pada (2/3/2019) ada sebuah event di Batam View Beach Resort, Nongsa. Event ini dilaksanakan dari pukul 18.00 WIB sampai selesai, dengan mengusung tema The Best of Street Food Fiesta 2019.

Sesuai dengan tema yang telah ditentukan, acara pun disesuaikan dengan konsep street food yang kita ketahui selama ini. Acara yang berlangsung di Batam View Beach Resort ini dilaksanakan secara outdoor tentunya, di halaman terbuka dengan kolam renang di bagian tengahnya.

Proses masak Ayam Pandan ala Thailand


Berhias lampu sorot, lambu beerwarna dan penerangan lainnya, suasana nyaman mulai terasa dengan tatanan meja bulat yang lengkap dengan beberapa kursinya.

Event ini juga menndapatkan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari kementrian pariwisata, dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi kepulauan Riau serta kota Batam, hingga ketua Kadin Batam juga turut menghadiri kegiatan ini.
Penang prawn hokian mee


Tidak mengherankan jika kegiatan perdana ini mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait, yang mana ingin mensukseskan kemajuan pariwisata kota Batam.

Anddy Fong, general maanager  Batam View beach Resort mengatakan bahwa acara ini bermaksud untuk menaik wisman datang ke Batam, dengan menawarkan hal-hal menarik di Batam. Teerutama dari segi makanan nusantara yang terbilang sangat beragam.

"Tujuannya tentu ingin menarik wisman dari negara asing terutama yang berasal dari Singapura. Untuk event perdana ini ada sekitar 250 tamu, ada yang berasal dari Singapura, Malaysia, Italia, Sri Langka, Cina, hingga Australia," kata Anddy Fong di sela-sela acara.

250 tamu menghiasi taman dan sekitaran kolam renang Batam View Beach Resort. Terlihat antusias dan semangat turis asing saat event. Mereka mencoba segala jajanan pasar yang biasanya dijumpai di Indonesia. Mulai dari martabak manis, ayam penyet, rujak,sate, ikan bakar, hingga es campur.

Tapi ternyata tidak hanya makanan khas nusantara tapi juga tersedia jajanana pasar dari daerah semenanjung. Mulai dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Anddy Fong kembali mengatakan kalau jumlah stand yang ada saat event The Best of Street Food Fiesta 2019 sekitar 15 stand.
Proses masak masakan adri  bahan mie yaitu Pa Thai


"Kalau sukses akan dibuat lagi, kita gak tau apa tahun ini atau tahun depan. Selagi kementrian dukung, maka acara ini bisa terus berlanjut," katanya.

Sembari mencicipi jajanan pasar yang tersedia, para turis juga dihibur oleh lagu lagu khas Indonesia dan lagu dari negara lainnya. Bahkan saat pembukaan dan penutupan acara, kegiatana ini dimeriahkan dengan adanya kembang api. Pertunjukan kembang api ini semakin memeriahkan acara The Best of Street Food Fiesta 2019. Apalagi ditambah dengan adanya pertunjukan sulap.
Aneka kue di BatamView Beach Resort


Saat event The Best of Street Food Fiesta 2019, menu masakan Indonesia yaitu ayam penyet telihat sangat ramai  yang mengantri. Turis asing ini terlihat begitu antusias mengantri, begitu juga saat antri mendapatkan beberapa tusuk sate.

Kalau mau merasakan menu masakan lain ada juga masakan yang berbahan dasar seperti kwetiau dan mie putih yang disebut Pat Thai. Proses cara pembuatan mie yang bisa kamu lihat secara langsung, proses masak layaknya makan jajanan pasar di Indonesia atau negara semenanjung lainnya.

Selanjutnya mari kita jalan-jalan Penang, Malaysia. Disini ada Penang prawn hokian mee. Kalau di Indnesia hampir sama dengan mie ayam, bedanya tentu dari segi rasa dan bahan yang digunakan. Penang prawn hokian  mee berisi mie, udang, sayur kangkung, potongan telur, kuah panas yang sedikit berwarna merah kecokelatan. Kamu bisa menambahkan bawang goreng dan sambal sesuai selera.

Lalu ada masakan dari Thailand, seperti Tom Yam, hingga Ayam Goreng Pandan. Lalu ada masakan dari Vietnam juga tapi saya lupa namanya bentuknya seperti salad yang dibungkus dengan kulit tepung tipis, isinya ada kol dan wortel.

Blogger Batam di event The Best of Street Food Fiesta 2019.

Belum puas mencicipi makanan lainnya, makanan yang manis-manis ada berbagai pilihan. Mulai dari kue basah, lalu ada makanan manis terkenal di Indonesia yaitu martabak manis. Lalu semakin lengkap dengan tambahan es campurnya. Untuk cuci mulut ada juga buah potong segar hingga rujak. Disini juga ada salad khas Indonesia yaitu gado-gado.

Berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut ke depan dan stand makanan yang tersedia juga semakin banyak. Selain itu diharapkan agar event selanjutnya bisa menyajikan jajanan pasar lainnya. Untuk penjaga setiap stand terima kasih atas keramahannya. Terlihat kompak denga kostum yang sama. 

#batammilikkita
#batamindonesia
#streetfoodbatamviewbeachresort


4 komentar:

  1. wahhhh asik yaaaa kak. konsep tradisional nya dapet muehehe

    BalasHapus
  2. Keren ini event nya. Semoga banyak wisman di tahun berikut nya

    BalasHapus
  3. Acaranya meriah sekalii dan para wisman nya pada antusias

    BalasHapus
  4. makanannya enakkkkk, sering sering donk di batam ada kayak gini

    BalasHapus